JURNAL MAHASISWA

Free E Jurnal For You

PROFIL TENAGA KERJA PEREMPUAN DI SEKTOR USAHA KECIL MENENGAH (Studi Pada Tenaga Kerja Perempuan UKM Konveksi Di Kota Semarang)


Abstract : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendorong tenaga kerja perempuan bekerja di sektor UKM konveksi serta sumbangannya terhadap pendapatan keluarga.
Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan indepth interview. Penelitian menyimpulkan bahwa alasan perempuan bekerja adalah faktor ekonomi, karena suami bekerja sebagai buruh dan tidak dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari, sehingga dengan bekerja membantu memenuhi kebutuhan keluarga dan untuk mengisi waktu luang, serta bersosialisasi dengan teman. Alasan bekerja di UKM konveksi karena lokasi UKM dekat dengan rumah, nyaman, peraturan tidak ketat atau longgar, tidak banyak sanksi, boleh ijin jika ada keperluan keluarga, jam kerja tidak terlalu pagi, pemilik UKM ramah, lingkungan kerja nyaman. Saran yang diajukan adalah bahwa tenaga kerja perempuan perlu meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan, lebih giat dan termotivasi agar lebih meningkatkan produktivitas. UKM harus memberikan uang lembur yang layak, upah minimal sama dengan UMR, menghindari keterlambatan bahan baku, perlu ada tenaga teknisi serta tunjangan produksi.

Keyword : Tenaga Kerja Perempuan, UKM Konveksi.


Rodhiyah Rodhiyah


Share this article :
+