JURNAL MAHASISWA

Free E Jurnal For You

PERAN GURU ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DALAM MEMBANGUN KARAKTER DEMOKRATIS PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMP NEGERI 1 GEMPOL KABUPATEN CIREBON


ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter demokratis peserta didik,  mengetahui usaha guru IPS untuk mengatasi kendala dalam membangun karakter demokratis peserta didik dan mengetahui peran guru IPS dalam membangun karakter demokratis kelas IX di SMP N 1 Gempol Kabupaten Cirebon.
Pembangunan karakter peserta didik merupakan tanggung jawab semua guru, terutama profesionalisme guru IPS sangat penting dalam menerapkan pendidikan karakter baik di dalam kelas maupun di luar kelas sehingga peserta didik memiliki karakter demokratis dan mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif berbentuk deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini mendeskripsikan tentang peran guru IPS dalam membangun karakter demokratis peserta didik kelas IX di SMP N 1 Gempol Kabupaten Cirebon. Responden dalam penelitian ini  adalah wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru IPS dan peseerta didik kelas IX. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman peserta didik terhadap karakter demokratis adalah sebagai sistem pemerintahan. Karakter demokratis peserta didik dapat terlihat pada saat pembelajaran di kelas, pemilihan ketua OSIS dan dalam pergaulan dengan teman sebaya. Usaha guru dalam mengatasi kendala tersebut dengan memberikan bimbingan kepada peserta didik serta konsisten menerapkan peraturan sekolah. Peran guru IPS dalam membangun karakter demokratis peserta didik adalah guru sebagai teladan, pendidik, pengajar dan pembimbing dalam pengalaman belajar, mediator dan fasilitator, administrator, serta evaluator. Kesimpulan, guru IPS telah optimal dalam melaksanakan perannya sebagai seorang guru dalam membangun karakter demokratis peserta didik.

Kata Kunci: Peran, guru IPS, demokratis.


Tantri Rahmawati, Suniti Hj.


Share this article :
+