JURNAL MAHASISWA

Free E Jurnal For You

PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING DAN LAYANAN PURNA JUAL TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT. ASTRA INTERNASIONAL ISUZU SEMARANG


Abstract : Relationship marketing dan layanan purna jual diyakini menjadi kunci utama dalam peningkatan kepuasan pelanggan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh relationship marketing dan layanan purna jual terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Astra Internasional Isuzu (AII) Semarang. Tipe penelitian ini adalah explanatory research. Populasinya adalah pelanggan PT. AII Semarang dengan jumlah 14.487 dan sampel 99 orang yang diambil menggunakan sampling aksidental. Pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa relationship marketing dan layanan purna jual berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan PT. Astra Internasional Isuzu Semarang. Penelitian menyarankan PT. AII Semarang untuk menjalankan secara konsisten antara relationship marketing dan layanan purna jual karena kelangsungan hidup perusahaan tergantung pada pelanggan.

Keyword : Kepuasan Pelanggan, Layanan Purna Jual, Relationship Marketing.


Ferri Kurniawan, Nawazirul Lubis


Share this article :
+