JURNAL MAHASISWA

Free E Jurnal For You

PENGARUH NILAI PELANGGAN DAN HAMBATAN BERPINDAH TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SERTA IMPLIKASI PADA PERPINDAHAN MEREK Studi Pada Mahasiswa FISIP Undip Semarang Pengguna Kartu Prabayar IM3 PT. Indosat Tbk.


Abstract : Kartu Prabayar Indosat IM3 banyak digunakan oleh pelanggan untuk berkomunikasi. Banyak provider yang menawarkan produkkepada konsumen melalui kartu SIM, sehingga penyedia jasa selain mengharapkan pelanggan yang sudah ada memiliki loyalitas yang tinggi, juga hambatan beralih yang tinggi untuk berpindah ke operator lain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel nilai pelanggan dan hambatan berpindah berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan; loyalitas pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perpindahan Merek. Peneliti menyarankan perusahaan untuk: (a) meningkatkan nilai pelanggan melalui peningkatan manfaat produk dengan memberikan tawaran produk baru yang inovatif, kecepatan akses yang tinggi, dan tingkat kesalahan semakin kecil; (b) meningkatkan hambatan berpindah pelanggan antara lain adalah produk yang mampu memberikan nilai lebih tinggi bagi pelanggan dibanding pesaing; (c) menciptakan hambatan biaya yang berbeda dengan provider pesaing, memiliki keanekaragaman produk yang ditawarkan kepada pelanggan; (d) peningkatan loyalitas pelanggan dengan cara memberikan produk atau jasa sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan menciptakan hubungan yang harmonis di antara pelanggan dengan provider penyedia jasa.

Keyword : Nilai Pelanggan, Hambatan Berpindah, Loyalitas Pelanggan dan Perpindahan Merek.


Naili Farida


Share this article :
+