JURNAL MAHASISWA

Free E Jurnal For You

PENGARUH FAKTOR MODAL PSIKOLOGIS, KARAKTERISTIK ENTREPRENEUR, INOVASI, MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA, DAN KARAKTERISTIK UKM TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA PEDAGANG DI PASAR TRADISIONAL (Studi kasus pada Pedagang Sembako dan Snack di Pasar Peterongan)


Abstract : Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh modal psikologis entrepreneur, manajemen sumber daya manusia, inovasi, karakteristik dari entrepreneur, dan karakteristik usaha itu sendiri terhadap perkembangan usaha.
Penelitian dilakukan di kota Semarang dengan sampel sebanyak 32 pedagang yang memiliki tenaga kerja di Pasar Peterongan. Jenis penelitian ini adalah explanatory research. Analisis data menggunakan uji regresi linier. Hasil uji analisis regresi didapat bahwa variabel modal psikologis, karakteristik entrepreuner, inovasi, manajemen sumber daya manusia dan karakteristik UKM baik secara parsial maupun simultan mempunyai pengaruh terhadap perkembangan usaha di pasar tradisional peterongan. Adapun variabel yang mempunyai pengaruh paling besar adalah Modal Psikologis. Rekomendasi bagi para pedagang di Pasar Peterongan adalah perlunya untuk selalu memupuk sikap optimis dalam menjalankan usaha. Sikap ini bisa dibentuk dengan membuat perkumpulan sesama pedagang sehingga setiap ada persoalan dapat segera teratasi. Selain itu karakteristik Entrepreuner berupa motivasi untuk berusaha harus selalu dijaga dengan mengikuti berbagai pelatihan seperti pelatihan ritel dalam hal pengelolaan keuangan, pengaturan barang dagangan sehingga akan tumbuh inovasi dan kreativitas yang tidak pernah mati demi untuk perkembangan usaha.

Keyword : Modal Psikologis, Karakteristik Entrepreuner, Inovasi, Manajemen SDM, Karakteristik UKM dan Perkembangan Usaha.


Reni Shinta Dewi 


Share this article :
+