JURNAL MAHASISWA

Free E Jurnal For You

ANALISIS PENGARUH LINGKUNGAN INDUSTRI TERHADAP STRATEGI PEMASARAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA PEMASARAN Studi pada Usaha Kecil Kerajinan Kulit Tanggulangin


Abstract : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh faktor-faktor lingkungan industri yang meliputi Hambatan Masuk Pendatang Baru (X1), Kekuatan Pemasok (X2), Kekuatan Pembeli (X3), Ketersediaan Barang Substitusi (X4) dan Kekuatan Pesaing (X5) terhadap Strategi Pemasaran (Z) dan Kinerja Pemasaran (Y). Penelitian dilakukan di Tanggulangin, dengan jumlah sampel sebanyak 77 responden.
Penelitian ini menggunakan Analisis Path. Hasil analisis menunjukkan bahwa seluruh variable X berpengaruh positif dan signifikan terhadap Z maupun Y yang dimediasi oleh Z. Kesimpulan menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variabel Z terhadap Y. Variabel yang memberikan pengaruh terbesar terhadap Kinerja Pemasaran adalah variabel Strategi Pemasaran. Pengrajin usaha kecil perlu untuk selalu dapat mengantisipasi adanya perubahan lingkungan Industri dengan menetapkan Strategi Pemasaran yang tepat sehingga menghasilkan Kinerja Pemasaran yang baik. Sehingga pengrajin usaha kecil kerajinan kulit tetap dapat bersaing dan dapat menjaga keberlangsungan hidup usahanya.

Keyword : Lingkungan Industri, Strategi Pemasaran, Kinerja Pemasaran.


Sendhang Nurseto


Share this article :
+