JURNAL MAHASISWA

Free E Jurnal For You

Analisis Finansial Pengolahan Biji Dan Fuli Pala (Myristica Fragrans Houtt) Organik (Studi Kasus Pada Home Industri Galela Jaya) Di Desa Dokulamo Kabupaten Halmahera Utara


Abstract : Pala merupakan salah satu komoditas eskpor potensial andalan pemerintah daerah Maluku Utara, sebagai sumber pertumbuhan ekonomi dan pendapatan daerah tersebut.
Untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan peran sektor industri pengolahan dalam pembangunan nasional, diperlukan upaya untuk mengetahui nilai ekonomi produk olahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis usaha pengolahan pala organik pada Home Industri Galela Jaya di Desa Dokulamo Kabupaten Halmahera Utara. Menganalisis finansial pala organik Pada Home Industri Galela Jaya di Desa Dokulamo Kabupaten Halmahera Utara, dengan menggunakan kriteria kelayakan investasi, yaitu NPV, B/C ratio, IRR, PBP dan kualitatif yaitu menggunakan pengolahan biji dan fuli pala. Berdasarkan hasil analisis dapat dikatakan bahwa usaha pengolahan biji dan fuli pala yang dilaksanakan oleh Home Industri Galela Jaya layak untuk dilaksanakan karena dapat memberikan keuntungan pada perusahaan, dari hasil analisis kelayakan finansial pada tingkat bunga 9% diperoleh nilainya NPV sebesar Rp 3,362,751,502. Perhintungan sebesar Rp 1 akan memberikan manfaat sebesar Rp 5%. Perhinttungan IRR diperoleh nilai sebesar Rp 115,16%, dan perhintungan kriteria masa pengembalian investasi (Playback Period) diperoleh waktu pada Home Industri Galela Jaya sekitar 1 Tahun.

Keywords : financial analysis, processing of seeds and nutmeg mace.


Linda Umasugi, Haryati La Kamisi


Share this article :
+