JURNAL MAHASISWA

Free E Jurnal For You

The Emergence of International Urban Planning and Design Firms in China from an OLI Perspective


Abstrak : Ada permintaan tinggi untuk layanan perencanaan dan desain di berbagai skala di kota-kota Cina. Perusahaan Perencanaan dan Perancangan Kota (PPK) Internasional telah menangkap beberapa peluang ini.
Terlepas dari relevansi langsung industri-industri PPK dengan urbanisasi dan peran signifikan perusahaan-perusahaan PPK internasional, sedikit perhatian diberikan pada strategi spasial dan operasional mereka. Apakah yang mendorong kemunculan PPK internasional di Cina? Peran apa yang telah mereka mainkan dalam urbanisasi Tiongkok? Penelitian ini menganalisis tren keseluruhan perusahaan PPK internasional yang beroperasi di Cina dengan survei ekstensif dan studi kasus melalui wawancara mendalam dengan perusahaan. Temuannya menunjukkan bahwa munculnya perusahaan-perusahaan PPK internasional sebagian besar disebabkan oleh perencanaan reformasi sistem dan kekuatan internal dan global yang dapat dipahami dengan menggunakan kerangka kerja OLI  (kepemilikan-, lokasi-, dan keuntungan internalisasi khusus). Keuntungan khusus kepemilikan seperti perencanaan kota dan keterampilan desain berkualitas tinggi adalah unsur yang paling penting bagi perusahaan-perusahaan ini yang berkontribusi terhadap urbanisasi global. Konsentrasi lokasi perusahaan-perusahaan PPK internasional yang tinggi telah diamati di kota-kota Cina terbesar seperti Shanghai dan Beijing. Pembentukan kantor-kantor PPK internasional tidak terbatas pada satu kota di Cina tetapi menyebar ketika peluang lebih lanjut dicari di dalam dan luar Cina.

Kata Kunci : Perusahaan perencanaan dan perancangan kota, urbanisasi global, penanaman modal asing, layanan produsen, cina, paradigma OLI.


Hyung Min Kim, Anthony Kent





'File : http://journals.itb.ac.id/index.php/jpwk/article/view/10234'
Share this article :
+