JURNAL MAHASISWA

Free E Jurnal For You

Regional Development or Regional Policies? A Review of 60 Years of Regional Planning and Development in Pre and Post Islamic Revolution Iran


Abstrak : Sejak kemunculan pemikiran perencanaan 90 tahun yang lalu, perencanaan dan pembangunan di Iran selalu menjadi subjek perdebatan yang aktif.
Terlepas dari sejarah yang panjang ini, sistem perencanaan yang sentralistik tidak pernah mampu mempromosikan pembangunan yang konsisten dengan kekuatan dan kelemahan wilayah tersebut, dan juga pengembangan wilayah yang timpang di negara tersebut. Artikel ini bertujuan untuk menyelidiki hambatan dalam pengembangan wilayah di Iran sebelum dan sesudah revolusi 1979, menggunakan metodologi deskriptif-analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan utama dalam pengembangan wilayah di negara ini terletak pada sistem manajemen dan perencanaan yang terpusat, yang  menyebabkan hambatan serius seperti pendekatan sektoral dalam perencanaan wilayah dan sistem manajemen, kurangnya dasar hukum untuk pengembangan wilayah, ketergantungan pada pendapatan minyak, dan kurangnya sumber daya data dan informasi.

Kata Kunci : Perencanaan dan pengembangan wilayah, hambatan dan rintangan, sistem perencanaan nasional, Iran.


Musa Pajoohan





'File : http://journals.itb.ac.id/index.php/jpwk/article/view/9492'
Share this article :
+