JURNAL MAHASISWA

Free E Jurnal For You

PENGEMBANGAN MODUL MENGIDENTIFIKASI SARANA DAN PRASARANA ADMINISTRASI PERKANTORAN PADA MATA DIKLAT MEMAHAMI PRINSIP-PRINSIP PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI PERKANTORAN UNTUK SISWA SMK NEGERI 2 BUDURAN SIDOARJO


ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model modul yang meliputi kesesuaian materi, ketertiban bahasa, dan ilustrasi modul sebelum dan setelah dikembangkan, mengetahui kelayakan modul, dan respon siswa terhadap modul yang telah dikembangkan.
Penelitian ini memiliki delapan langkah pengembangan yang telah dimodifikasi, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk, revisi produk, dan produksi. Hasil penelitian menunujukkan bahwa model modul sebelum dikembangkan masih terdapat beberapa kekurangan dan modul yang telah dikembangkan menyempurnakan kekurangan modul yang ada pada aspek kesesuaian materi, ketertiban bahasa, dan ilustrasi modul. Modul Mengidentifikasi Sarana dan Prasarana Administrasi Perkantoran dinyatakan sangat layak dengan hasil persentase 89,58%. Dan respon siswa terhadap modul dinyatakan sangat baik dengan persentase 81,9%.

Kata kunci : pengembangan modul, sarana dan prasarana administrasi perkatoran.


ANA MILADIYAH





'File : https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/3737'
Share this article :
+