JURNAL MAHASISWA

Free E Jurnal For You

PEMANFAATAN TEKNIK SILANG LITERASI DALAM MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANSI KELAS XI MIPA 7 SMA NEGERI 1 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019



ABSTRAK : Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan pembelajaran teks eksplanasi dalam model Discovery Learning, memaparkan peningkatan hasil belajar siswa, dan menjelaskan keaktifan siswa melalui stimulation, problem statemen, data collection, data processing, verification, dan generalization.              

Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan dua  siklus. Masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan dengan empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Klaten tahun pelajaran 2018/2019 semester 1. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 7 SMAN 1 Klaten . Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes dilaksanakan dengan cara siswa menyusun teks eksplanasi menggunakan  teknik silang literasi. Sedang teknik nontes dengan cara wawancara siswa dan  observasi.

Teknik silang literasi dalam model pembelajaran discovery learning berpengaruh positif pada keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi teks eksplanasi. Hal ini terbukti pada meningkatnya keaktifan siswa dan hasil belajar siswa dari pra siklus sampai siklus II.

Pada tahap pra siklus siswa yang tuntas secara klasikal sebesar 25% atau hanya 7 siswa yang tuntas. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanya 23 atau 74,19%, dan pada siklus II sebanyak 31 siswa yang tuntas atau 100%. Penggunaan teknik silang literasi dalam model pembelajaran discovery learning pada pembelajaran materi teks eksplanasi meningkatkan rata-rata siswa 11,55 dan prosentase ketuntasan klasikal dari pra siklus smpai siklus II sebesar 70,96%

Kata kunci : silang literasi,  discovery learning, teks eksplanasi.


Resmiyati Resmiyati


Share this article :
+