JURNAL MAHASISWA

Free E Jurnal For You

KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION DAN PROBLEM BASED LEARNING



ABSTRACT : Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman matematis antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) dengan Problem Based Learning (PBL)?, (2) Untuk mengetahui sikap siswa terhadap mata pelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR)?, (3) Untuk mengetahui sikap siswa terhadap mata pelajaran matematika dengan menerapkanProblem Based Learning (PBL)?.Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitianPretest-Posttest ControlDesign. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 1 Cisurupan dengan mengambil sampelsebanyak dua kelas yaitu kelas VII-A sebagai kelas eksperimen Idan kelas VII-B sebagai kelas eksperimen II.Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman matematis dan angket siswa.Berdasarkan hasil penelitian,diketahui bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran AIR dengan PBL. (2) Sikap siswa yang mendapatkan model pembelajaran AIR menunjukkan sikap dengan interpretasi sangat baik. (3) Sikap siswa yang mendapatkan PBL menunjukkan sikap dengan interpretasi baik.

KEYWORDS : Kemampuan Pemahaman Matematis, Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition, Problem Based Learning, Metode Eksperimen.


Usman Fauzan Alan, Ekasatya Aldila Afriansyah


Share this article :
+