JURNAL MAHASISWA

Free E Jurnal For You

A Study of the Effects of Lifestyle Changes on Urban Trip Generation with an Approach to Futures Studies: A Case Study of Tehran Region 6


Abstrak : Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang mempengaruhi perubahan gaya hidup dan generasi perjalanan perkotaan.
Untuk mencapai tujuan ini, kami menggunakan dua komponen (pola, nilai), 20 kriteria (sosial, ekonomi, budaya, psikologis, politik, dan lain-lain), dan 56 variabel. Untuk analisis data, digunakan metode Delphi, analisis dampak silang dan MICMAC. Hasil penelitian menunjukkan ada 25 faktor yang merupakan faktor kunci yang mempengaruhi perubahan gaya hidup perkotaan dan generasi perjalanan perkotaan. Faktor-faktor ini, dalam urutan prioritas, adalah: peningkatan tingkat pendapatan masyarakat, peningkatan sambutan penduduk kota yang berasal dari rumah yang terawat baik dan lingkungan perumahan yang berkualitas tinggi, perubahan peran jalan untuk perjalanan rekreasi jenis baru selain melayani lalu lintas, perluasan kelompok usia muda (kenaikan jumlah kaum muda dan remaja) di wilayah tersebut, peningkatan belanja harian, bulanan, musiman dan tahunan dari toko ritel besar dan pusat perbelanjaan mewah yang jauh dari pusat kota, peningkatan jumlah penduduk di daerah perkotaan baru dan berkualitas tinggi yang jauh dari pusat kota, kenaikan tingkat kehidupan di apartemen dan preferensi orang untuk tinggal di apartemen daripada di rumah keluarga tunggal, penambahan jumlah orang lajang, kenaikan perjalanan yang tidak berhubungan dengan pekerjaan, dan lain-lain. Selain itu, hasil menunjukkan bahwa perubahan pola tersebut menyebabkan perubahan nilai dan, pada akhirnya, perubahan gaya hidup dan peningkatan generasi perjalanan perkotaan.

Kata kunci : Gaya hidup, generasi perjalanan perkotaan, studi masa depan, metode Delphi.


Marzieh Rastad Borujeni, Seyedeh-Samira Shafiee-Masuleh, Seyed Reza Shafiee Masouleh


Share this article :
+